Jumat, 23 Maret 2012

Pengungkapan Informasi Keuangan


Uji Diri 1
1.    Siapa saja pemakai laporan keuangan?
Pelaporan keuangan seharusnya menyediakan informasi yang berguna bagi investor dan kreditor yang sekarang, yang potensial, dan para pemakai lain dalam mengambil keputusan investasi, kredit, dan keputusan serupa secara rasional.

2.    Mengapa penting untuk mengetahui siapa pemakai laporan keuangan?
Untuk mengetahui keputusan-keputusan mereka.

3.    Apakah investor merupakan kelompok yang homogen? Jika tidak, sebutkan sebanyak mungkin jenis investor sebisa anda?
Investor bukan merupakan kelompok yang homogeny, misalnya dalam hal tujuan investasi, latar belakang pendidikan, dan pengalaman di bidang akuntansi dan keuangan.


Uji Diri 2
1.    Faktor-faktor apa yang memengaruhi tingkatan pengungkapan yang paling diinginkan oleh perseroan?
·         Tergantung pada keahlian pembaca.
·         Tergantung pada standar yang dianggap paling diinginkan.
·         Tergantung pada tingkatan pengungkapan yang diseiakan oleh sumber-sumber lain.

2.    Sebutkan standar-standar yang mengatur pengungkapan!
SFAC 2 oleh FASB, informasi haruslah relevan, tepat waktu dan dapat dimengerti. Informasi juga harus andal, netral, dan disajikan dengan jujur.

3.    Kekuatan-kekuatan apa yang mendorong pengungkapan sukarela? Kekuatan-kekuatan apa yang menghalangi?
Kekuatan yang mendorong :
·         Serikat-serikat pekerja dikatakan memperoleh keuntungan dalam tawar-menawar upah dengan adanya pengungkapan informasi keuangan yang lengkap.
·         Para analisis keuangan dan manajer investasi terdidik baik dalam akuntansi, dan investor lainnya mendapat keuntungan dari penggunaan informasi keuangan dalam pasar yang efisien atau mereka mampu belajar melalui penelitian atas informasi keuangan yang dilaporkan.
Kekuatan yang menghalangi :
·         Pengungkapan akan membantu pesaing dengan merugikan pemegang saham.
·         Seringkali dinyatakan bahwa investor tidak dapat memahami kebijakan dan prosedur akuntansi dan bahwa pengungkapan lengkap hanya akan menyesatkan, bukan menjelaskan.

4.    Badan-badan apa yang mengatur pengungkapan?
·         Otoritas utama di Amerika Serikat : Securities and Exchange Commission (SEC)
·         Kanada : Institute of Chartered Accountants of Ontario
·         Eropa : European Economic Community (EEC)

5.    Apa yang dimaksud dengan Regulation S-X?
Regulasi S-X, yang mengatur bentuk dan isi laporan keuangan, khususnya laporan tahunan yang dikenal dengan 10-K, yang serahkan kepada SEC, dikeluarkan pada tahun 1940 pada saat GAAP masih relatif sedikit.


Uji Diri 3
1.    Apakah ramalan-ramalan keuangan diaudit? Jika tidak, mengapa tidak?
Ramalan-ramalan keuangan tidak diaudit. Karena tidak adanya keandalan dalam pembuatan ramalan telah menjadi masalah yang sangat memprihatinkan manajemen yang takut akan dituntut akibat harapan yang tidak terpenuhi.

2.    Mengapa perusahaan mengungkapkan kebijakan akuntansi mereka?
Pengungkapan kebijakan akuntansi dapat membantu yaitu dengan memungkinkan dicapainya penafsiran yang lebih baik atas laporan keuangan untuk setiap perusahaan dan karenanya mempengaruhi keputusan investasi. Atas dasar asumsi ini, APB dalam opinion no.22 menyimpulkan bahwa informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan perlu untuk menghasilkan penyajian laporan yang wajar. Asumsi ini juga didukung oleh hasil sebuah penelitian empiris yang menemukan bahwa investor memang bereaksi terhadap isi maupun seni pengungkapan itu sendiri.

3.    Tingkatan pengungkapan apa yang anda inginkan dalam sebuah catatan kaki yang mengumumkan adanya perubahan kebijakan akuntansi?
Penggunaan prinsip dan prosedur akuntansi secara konsisten sudah lama dianggap esensial dalam evaluasi atas aktivitas perusahaan dan dalam proyeksi aktivitas masa depan. APB 20 mendukung pandangan ini tetapi menyatakan bahwa, bila dibenarkan, perubahan semacam itu harus diungkapkan dalam laporan keuangan ketika perubahan dilakukan.

4.    Sebutkan kedua jenis peristiwa setelah tanggal neraca. Apa perbedaan keduanya dalam hal perlakuan?
·         Peristiwa yang secara langsung mempengaruhi jumlah-jumlah yang dilaporkan dalam laporan keuangan : ASB merekomendasikan bahwa jenis peristiwa ini harus diakui dengan suatu penyesuaian langsung di dalam laporan keuangan bila informasi ini pasti akan dimanfaatkan seandainya sudah tersedia pada tanggal neraca
·         Peristiwa yang mengubah secara material kesinambungan keabsahan nilai-nilai neraca atau hubungan di antara pemegang ekuitas, atau secara material mempengaruhi kegunaan aktivitas tahun lalu yang dilaporkan sebagai prediksi periode berjalan : ASB menyatakan bahwa peristiwa-peristiwa ini tidak memerlukan penyesuaian, tetapi ASB memang mengatakan bahwa sebaiknya diungkapkan. Menurut pendapat kami, rekomendasi itu seharusnya lebih kuat daripada itu. Pengungkapan yang tepat sama pentingnya untuk peristiwa-peristiwa ini seperti peristiwa-peristiwa serupa yang terjadi selama periode pelaporan.

5.    Dalam hal apa regulasi pengungkapan segmen di A.S. berbeda dengan regulasi di Eropa?
·         Di Amerika Serikat laporan keuangan yang disusun sesuai dengan GAAP AS.  Akan patuh pada International Accounting Standard.
·         Di Eropa sesuai dengan Fourth Directive EEC, dimana yang tidak sekomprehensif.


Uji Diri 4
1.    Bagaimana, kalaupun bisa, format laporan keuangan dapat memengaruhi pengungkapan? Berikan contoh-contoh!
·         Dalam laporan posisi atau neraca, hubungan-hubungan yang relevan dapat diungkapkan dengan mengatur kembali klasifikasi yang mendasar. Misalnya, kewajiban lancar seringkali langsung dikurangkan dari aktiva lancar untuk memperlihatkan modal kerja, walaupun prosedur ini memiliki beberapa kelemahan.
·         Dalam laporan rugi laba, bentuk penyajian yang berlainan dapat menekankan konsep laba yang berbeda atau penafsiran data yang berbeda. Misalnya laporan rugi laba single step.
·         Dalam laporan arus kas, banyak informasi relevan yang dapat disajikan, khususnya jika klasifikasi yang relevan dilakukan dengan hati-hati. Misalnya, klasifikasi pengeluaran kas lebih relevan untuk keperluan prediktif jika pengeluaran itu dikelompokkan menurut perilaku fungsionalnya, seperti karakteristik tetap dan variabel.

2.    Apa hubungan antara catatan kaki dan laporan keuangan formal?
Catatan kaki merupakan peningkatan dalam pelaporan karena menghasilkan pengungkapan secara lebih lengkap peristiwa-peristiwa keuangan dan data keuangan yang relevan. Selain itu, untuk mengungkapkan informasi yang tidak disajikan secara memadai dalam tubuh suatu laporan tanpa mengurangi kejelasan laporan

3.    Apakah laporan dan daftar pelengkapmemuat informasi yang kurang penting dibandingkan dengan yang ada dalam laporan utama? Jika tidak, mengapa informasi yang pentingditempatkan dalam pelengkap?
Tidak, pemisahan informasi ini tidak dimaksudkan untuk menunjukkan arti penting relatif-cara ini digunakan semata-mata agar laporan mudah dibaca dan dimengerti. Biasanya laporan pelengkap menyajikan informasi tambahan atau informasi yang disusun dalam gaya yang berbeda, dan bukan hanya informasi yang lebih terinci. Karena tidak mesti termasuk dalam laporan-laporan yang dicakup dalam laporan akuntan independen, laporan pelengkap ini dapat digunakan sebagai metode untuk mengembangkan dan bereksperimen dengan peraga dan laporan baru.

4.    Apa tujuan pembahasan dan analisis manajemen?
      Agar manajemen bisa mengidentifikasi hal-hal berikut ini :
·         Hasil-hasil arbriter yang disebabkan oleh konvensi pembagian operasi yang kontinyu menjadi periode-periode akuntansi yang tetap.
·         Estimasi,pertimbangan dan asumsi yang mereka gunakan dalam pelaporan keuangan.
·         Ketidakpastian yang signifikan yang mendasari estimasi atau asumsi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar